Seputar Indonesia

Senin, 22 Januari 2018

Berada di Lingkungan Hijau Bisa Buat Ceria?



Hal apa yang biasanya kamu lakukan untuk menghibur diri bila suasana hati yang muram? Beberapa orang mungkin akan memilih untuk melakukan hobinya, cerita dengan orang lain, atau pergi jalan-jalan.

Terkait hal tersebut bila kamu termasuk orang yang memilih untuk jalan-jalan peneliti menyarankan agar coba pergi ke tempat yang banyak tumbuhan hijaunya seperti taman atau hutan. Ini karena studi melihat bahwa berada di lingkungan hijau mampu berdampak positif bagi kesehatan mental.

Studi terbaru yang dipublikasi di jurnal Adolescent Health melihat dari 9.000 siswa usia 12-18 tahun, mereka yang tinggal di lingkungan hijau bisa 11 persen lebih mungkin untuk terhindar dari depresi.

Menurut ahli hal ini bisa terjadi kemungkinan karena beberapa faktor. Teori yang pertama menyebut lingkungan hijau dapat mengalihkan perhatian dari masalah sehari-hari sehingga kita bisa beristirahat secara mental.

Teori lainnya menyebut bahwa manusia memang cenderung punya respons positif terhadap lingkungan alami.

"Ada banyak mekanisme yang bisa menghubungkan lingkungan hijau dengan kesehatan secara menyeluruh," ujar pemimpin studi Carla Bezold dari Harvard T.H. Chan School of Public Health.

"Bukti awal menunjukkan bahwa tinggal di lingkungan yang hijau bisa berhubungan dengan berkurangnya tingkat stres, meningkatnya aktivitas fisik, dan hubungan sosial yang lebih baik dengan tetangga," lanjut Bezold seperti dikutip dari Reuters, Senin (22/1/2018).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar